Otomotif
Keunggulan Mengemudi Mobil Toyota Raize

Keunggulan Mengemudi Mobil Toyota Raize

Mobil ini sudah lebih dulu diluncurkan di Jepang, tepatnya di Tokyo Motor Show 2019. Hanya untuk artikel kali ini kita tidak hanya membahas Daihatsu Rocky saja, tapi juga Toyota Raize. Pasalnya, Raize sendiri baru saja menjajal jalan-jalan Jakarta hingga Alam Sutera, Tangerang.

Berbagai Jenis Toyota Raize

Termasuk perbedaan tiap tipe Toyota Raize. Ya, saat peluncurannya, Toyota mengumumkan bahwa Toyota Raize untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua tipe yakni tipe G dan GR Sport namun total ada empat pilihan varian yaitu 1.0 Turbo.

Lantas apa yang membedakan keempat varian tersebut?

Jika dilihat secara detail, eksteriornya sangat mirip, bahkan dimensinya masih sama, yakni mengusung panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, wheelbase 2.525 mm, dan ground clearance. 200mm.

Memasuki interior, perbedaan Toyota Raize tipe G dan tipe GR Sport sangat terasa, dimana jok tipe G dibalut. terlihat sangat signifikan di ruang kabin. Karena untuk tipe GR Sport, joknya dibalut kombinasi kain dan kulit dengan warna gelap, termasuk lingkar kemudi sehingga terlihat mewah dan sporty.

Sesuai dengan namanya GR atau divisi Gazoo Racing, tipe ini memiliki sejumlah fitur dari tipe G, seperti Auto AC, Auto Headlamp, dan kesan sporty terlihat dari hadirnya paddle shift sehingga memberikan kesan sporty.

Perbedaan lain antara Raize tipe G dan GR Sport adalah tipe GR Sport tertinggi dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS), dengan bagian ini fitur keselamatan GR Sporty lebih lengkap karena dikemas dengan enam titik airbag, Pre- Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist dengan Steering Assist.

Kontrol Misoperasi Pedal Berkelanjutan, Peringatan Lalu Lintas Lintas Belakang, juga Pemantauan Blind Spot. Sedangkan Raize tipe G sendiri hanya dibekali dua airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Serta fitur standar berupa Anti Lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm dan Immobilizer, Rear Parking Sensor, dan Rear Camera.

Keunggulan Toyota Raize

Seperti disebutkan di atas, tipe tertinggi Toyota Raize dari GRS Sport dilengkapi dengan teknologi TSS yang berfokus pada fitur keselamatan berupa enam airbag, Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Waspada, Lalu Lintas Lintas Belakang.

Nah, berikut ini beberapa penjelasan mengenai fitur keselamatan di atas. Airbag, sebenarnya tipe Raize RS Sport memiliki enam airbag atau airbag. Tapi untuk tipe G hanya ada dua. Tentunya dengan adanya airbag ini akan sangat berguna dalam mengurangi terjadinya tabrakan bagi pengemudi atau penumpang jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, memberikan peringatan jika ada penyimpangan atau pergerakan mobil dari posisi yang seharusnya. Fitur ini akan memberikan peringatan yang dapat didengar, mengontrol rem secara otomatis, dan mengurangi output tenaga mesin.

Nah, jika sistem melihat kemungkinan terjadinya tabrakan, fitur ini akan memperingatkan pengemudi agar memiliki kesempatan untuk menghindar dan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

Performa

Sementara di balik kemudi, kesan pertama Toyota Raize memang cukup membuat penasaran. Maklum, mobil ini hanya mengusung mesin 1.0 liter namun sudah disematkan turbo. Lantas bagaimana performa Toyota Raize saat diundang? Saat mobil dipacu di jalanan padat Jakarta, mobil ini memang terasa lincah.

Karena radius beloknya mencapai 5 meter, mobil ini terasa mudah untuk bermanuver. Termasuk handling terasa ringan saat mencoba memutar setir. Karena teknologi TSS disematkan di mobil ini, kami lebih waspada. Misalnya, Lane Departure Assist memberikan peringatan saat mobil keluar jalur.

Begitu juga dengan Blind Spot Monitoring yang langsung aktif jika ada mobil atau motor yang mau mendahului. Tak hanya itu, fitur Pre-collision System juga sempat beroperasi karena sepeda motor tiba-tiba menyalip saat kondisi jalan padat. Ya, mobil tiba-tiba direm mendadak. Terlepas dari keunggulan teknologi TSS, performa mobil ini sangat mumpuni.

Apalagi saat mobil sudah melewati jalur parkir mall di kawasan Kuningan yang disebut ‘Tanjakan 13’. Ya, lokasi ini memang sering digunakan oleh para pesepeda yang ingin mengetahui seberapa kuat mereka berada di tanjakan yang jika ditarik lurus panjangnya bisa mencapai satu kilometer. Nah, di Climb 13, kami sempat menguji seberapa penting fitur Vehicle Stability Control (VSC).

Ternyata fitur ini sangat berguna untuk mencegah oversteering atau understeering, dan Hill Start Assist mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjakan. Setelah pengujian di tanjakan, kali ini pengujian Toyota Mobil Raize dilakukan melalui jalan tol. Bahkan, saat pedal gas diinjak, mobil ini cukup responsif dan akselerasinya cukup mumpuni.

Menyelidiki kalibrasi, performa mesin Raize ini tak lepas dari kombinasi mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1,0 liter plus turbo yang mampu menghasilkan 96,6 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000. rpm. Hanya saja, ada beberapa hal yang masih terasa kurang dari mobil ini yaitu suara dari luar kabin yang masih mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *