Bisnis
Prosedur Ekspor Barang ke Luar Negeri

Prosedur Ekspor Barang ke Luar Negeri

Kegiatan ekspor barang merupakan sistem perdagangan lintas batas. Saat ini, pemerintah sedang berusaha meningkatkan devisa dengan meningkatkan nilai ekspor. Cara mengekspor barang sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan impor karena saat ini tata cara atau cara impor lebih banyak aturannya daripada ekspor, terutama mengenai masalah pembayaran pajak.

Ekspor barang ke luar negeri memiliki prospek yang menjanjikan, terutama di bidang agribisnis. Lebih baik mengekspor barang jadi agar nilai ekonominya jauh lebih tinggi. Tips ini juga cocok untuk Anda yang ingin melakukan ekspor barang ke luar negeri.

Berikut tata cara ekspor barang ke luar negeri :

  • Mengetahui apakah barang yang akan diekspor termasuk barang yang diperbolehkan untuk diekspor. Aturan isi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku di Indonesia.
  • Tata cara ekspor barang ke luar negeri berikutnya, pastikan apakah barang yang akan Anda ekspor adalah barang yang boleh diperdagangkan di negara tujuan.
  • Jika sudah memiliki pembeli, tentukan sistem pembayaran, tentukan jumlah produk, tentukan spesifikasi produk, dan sebagainya. Selanjutnya tentang cara mengekspor barang Anda diharuskan untuk mempersiapkan barang yang akan diekspor serta dokumen-dokumen penting sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati dengan pembeli.
  • Melakukan pemberitahuan pabean kepada pabean dengan menggunakan dokumen PEB dan dokumen pelengkapnya.
  • Setelah ekspor disetujui oleh bea cukai, Anda akan mendapatkan NPE (Expro Approval Note). Jika Anda telah memperoleh NPE ini, secara hukum produk yang akan Anda ekspor dianggap sebagai barang ekspor.
  • Penimbunan dan pengiriman barang untuk diekspor dengan menggunakan transportasi laut, udara atau darat.
  • Mengasuransikan barang yang akan diekspor. Jika Anda menggunakan istilah CIF.
  • Ambil pembayaran di bank jika Anda menggunakan L/C atau pembayaran terlambat.
  • Isi formulir pengiriman sesuai dengan layanan yang diinginkan dengan lengkap.
  • Melengkapi dokumen ekspor dan/atau dokumen lainnya sesuai ketentuan yang berlaku

ribet bukan banyak syarat yang harus di lakukan. misal nya anda mau ekspor barang ke belanda dan tidak ingin pusing dengan syarat syarat yang ada, anda bisa menggunkan jasa ekspor barang lewat kilo.id selain murah, syarat syarat nya juga gak ribet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *